Air Terjun Lembah Anai Salah Satu Wisata Di Sumatera Barat: Penginapan


 
Air Terjun Lembah Anai
 
                Air Terjun Lembah Anai atau dikenal juga dengan sebutan Air Mancur merupakan air terjun yang berlokasi di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Ketinggian air terjun ini berkisar 35 meter yang berada tepat di tepi Jalan Raya Padang - Bukittinggi di kaki Gunung Singgalang. Air Terjun Lembah Anai berasal dari aliran Sungai Batang Lurah, anak Sungai Batang Anai yang berhulu di Gunung Singgalang dengan ketinggian 400 Meter diatas permukaan laut. Air Terjun Lembah Anai ini terletak di batas barat kawasan Cagar Alam Lembah Anai sehingga suasana masih alami dan asri dengan hutan lebat serta pepohonan yang rimbun menambah keindahannya. Air Terjun Lembah Anai menjadi salah satu ikon pariwisata di Provinsi Sumatera Barat.
 
            Tempat Penginapan yang cocok untuk pengunjung keluarga besar ataupun rombongan yang terdekat dengan Air Terjun Lembah Anai rata-rata didominasi oleh villa. Namun, ada juga tipe penginapan hotel, wisma, serta homestay dengan harga terjangkau yang dapat dijadikan tempat menginap untuk keluarga kecil. Jadi, bagi keluarga kecil ataupun bepergian sendirian tidak perlu khawatir untuk mencari tempat penginapan yang tidak jauh dari Lembah Anai.
 
                Berikut beberapa penginapan yang dapat menjadi pilihan untuk para pengunjung serta kisaran harga menginap untuk permalamnya.

1. Villa Dempo Anailand

Penginapan - Villa Dempo Anailand

                Berdasarkan Google Maps, Villa Dempo Anailand cuma berselang 2,8 km menuju kawasan wisata Air Terjun Lembah Anai. Jarak tempuh menuju Lembah Anai jika sedang tidak macet akan memakan waktu sekitar enam menit menggunakan kendaraan. Villa Dempo Anailand beralamat di Jalan Raya Padang-Bukittinggi KM 60, Kayu Tanam, Padang Pariaman, Sumatera Barat. Di dekat akomodasi tersebut, juga terdapat sejumlah tempat kuliner seperti Lapau Coklat Malibo dan Pondok Soto Dempo Anailand.

                Selain menawarkan penginapan dengan tipe villa, Dempo Anailand juga menawarkan tipe wisma dan club house. Bagi Pengunjung yang ingin berkemah, juga disediakan kawasan perkemahan dengan konsep hutan dan pegunungan, yang dapat digunakan untuk jumlah pengunjung minimal sepuluh orang dan maksimal dua puluh orang.

                Untuk harga yang dikenakan bervariasi menyesuaikan dengan tipe yang diambil pengunjung. Tarif berkisar Rp50.000,- sampai dengan Rp2.500.000,- per malam. 

2. Hotel Pangeran Padang Panjang

 

Penginapan - Hotel Pangeran Padang Panjang

                Hotel Pangeran Padang Panjang berada di Jalan KH Ahmad Dahlan No. 7, Padang Panjang Timur, Padang Panjang, Sumatera Barat. Jarak tempuh dari Hotel Pangeran Padang Panjang menuju lokasi Air Terjun Lembah Anai berselang sekitar 7,8 km.

                Harga menginap di Hotel Pangeran Padang Panjang berkisar Rp330.000,- sampai dengan Rp499.000,- per malam. Harga menyesuaikan dengan tipe kamar yang diambil pengunjung.

3. Trivadoh Syariah Hotel

Penginapan - Trivadoh Syariah Hotel

                Trivadoh Syariah Hotel berlokasi di Jalan Sutan Syahrir, No. 6, Silaing Atas, Padang Panjang Barat, Padang Panjang, Sumatera Barat. Hotel berjarak kurang lebih 6,6 km menuju Air Terjun Lembah Anai. Harga untuk menginap di hotel ini berkisar Rp238.000,- sampai Rp516.000,- per malam tergantung tipe kamar yang diambil pengunjung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Tempat Wisata di Sumatera Barat