5 Tempat Wisata di Sumatera Barat

                Sumatra Barat merupakan salah satu daerah terindah di Indonesia. Banyak sekali tempat wisata di daerah Sumatra Barat yang wajib anda kunjungi. Berikut 5 tempat wisata yang wajib anda kunjungi jika sedang berlibur ke Sumatra Barat.

Daftar Tempat Wisata di Sumatera Barat

1. Istana Pagaruyuang

Tempat wisata di Sumatera Barat - Istana Pagaruyuang

                Salah satu objek wisata budaya yang terkenal di Sumatra Barat adalah Istana Basa Pagaruyuang atau lebih dikenal dengan Istana Besar Kerajaan Pagaruyuang. Istana Pagaruyuang merupakan Museum berupa Replika Istana Kerajaan Pagaruyuang yang berlokasi di Nagari Pagaruyuang, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah datar, Sumatra Barat. Istana Pagaruyuang berjarak lebih kurang 5 Km dari Batusangkar.

                Istana Pagaruyuang yang berdiri saat ini merupakan replika dari istana aslinya. Istana Pagaruyuang yang asli terletak di atas Bukit Batu Patah dan dibakar habis pada tahun 1804 saat terjadi Perang Padri. Istana baru didirikan lagi namun terbakar lagi pada tahun 1966.

                Arsitektur dari rumah adat Istana Pagaruyuang banyak memberikan nilai-nilai budaya dan falsafah kehidupan masyarakat Minangkabau. Dari setiap sisi memiliki arti serta makna tersendiri, mulai dari ukiran-ukiran, kamar, ruangan, dan fungsi dari tiap lantai.

 2. Jam Gadang

Tempat wisata di Sumatra Barat -  Jam Gadang

                Salah satu penanda atau ikon Kota Bukittinggi adalah Jam Gadang. Jam Gadang merupakan sebuah menara jam dengan ketinggian 27 Meter yang menjulang tinggi serta terdapat jam besar berdiameter 80 Cm di empat sisinya. Jam Gadang pembangunannya diresmikan pada tanggal 25 Juli 1927.

                Jam Gadang selain menjadi ikon Kota Bukittinggi, juga menjadi salah satu objek wisata bagi pengunjung dengan taman disekitarnya. Taman yang berada disekitar Jam Gadang merupakan tempat bagi pengunjung untuk berinteraksi seperti berfoto, nongkrong, serta tempat penyelenggaraan acara yang bersifat umum.

3. Pariangan

Tempat wisata di Sumatra Barat - Pariangan

                Pariangan merupakan nagari tertua di ranah Minang. Pariangan berlokasi di lereng Gunung Marapi pada ketinggian 500-700 Meter di atas permukaan laut. Secara administratif nagari Pariangan masuk ke dalam Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar.

                Nagari Pariangan merupakan salah satu dari lima desa terindah di dunia yang terpilih pada bulan Mei tahun 2012 versi Travel Budget, sebuah majalah pariwisata internasional.

                Nagari Pariangan merupakam sebuah nagari bersejarah yang masih mencerminkan struktur sosial murni dari konsep Minangkabau tentang sebuah nagari. Rumah adat tradisional yang disebut Rumah Gadang yang masih banyak dijumpai sampai sekarang serta terawat dengan baik.

4. Lubang Jepang

Tempat wisata di Sumatra Barat - Lubang Jepang

                Lubang Jepang atau biasa disebut dengan Lobang Jepang merupakan salah satu tempat wisata bersejarah di Sumatra Barat. Lubang Jepang dibangun pada tahun 1942 untuk kepentingan pertahanan. Lubang Jepang merupakan sebuah bunker perlindungan yang dibangun oleh tentara pendudukan Jepang. Lubang Jepang terleltak di Kota Bukittinggi, Sumatra Barat.

                Lubang Jepang memiliki panjang 6 Km dan dengan kedalaman 49 M. di dalam Lubang Jepang terdapat lorong-lorong kecil yang berfungsi sebagai ruangan pertemuan, ruangan amunisi, ruangan penyergapan, dapur, penjara, pintu pelarian, dan menara pengintai.

5. Janjang Koto Gadang

Tempat wisata di Sumatra Barat - Janjang Koto Gadang

                Salah satu objek wisata yang berlokasi di Ngarai Sianok, Kabupaten Agam, Sumatra Barat adalah Janjang Koto Gadang. Janjang Koto Gadang ini terbentang mulai dari Koto Gadang di Lembah Ngarai Sianok lalu naik ke Kota Bukittinggi. Panjang keseluruhannya kira-kira mencapai 780 M dengan lebar jalan 2 M serta tembok yang terbuat dari beton yang bentuknya memnyerupai bentuk Tembok Besar Tiongkok.

                Janjang Koto Gadang memiliki jembatan gantung di pertengahan jalannya yang saling terhubung. Jembatan ini sering disebut Jembatan Merah. Waktu perjalan melalui Janjang ini dari ujung ke ujung diperkirakan memakan waktu 15 sampai 30 menit.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Air Terjun Lembah Anai Salah Satu Wisata Di Sumatera Barat: Penginapan